Menstruasi merupakan hal yang pastinya akan didapatkan oleh semua wanita. Bahkan menstruasi atau haid ini menjadi indikator apakah seorang wanita itu subur atau tidak. Sebab jika seorang wanita mengalami masa haid yang teratur, dapat dipastikan bahwa wanita tersebut merupakan wanita yang subur karena siklus menstruasi berjalan dengan normal.

Namun akan menjadi masalah jika siklus menstruasi yang terjadi tidak teratur, dikarenakan terjadinya beberapa faktor kelainan. Jika menstruasi tidak teratur akan mempengaruhi sisi psikologis wanita itu sendiri.

Untuk itu pada artikel kali ini akan dibahas mengenai beberapa makanan dan minuman untuk memperlancar haid.

Makanan Pelancar Haid

  1. Salmon

Makanan ini merupakan makanan yang sangat terkenal dan kaya akan kalsium dan vitamin D, dengan kandungan tersebut salmon dipercaya dapat memperkuat tulang, menstabilkan hormon dan bagus juga untuk mengatasi haid yang tidak lancar.

  1. Kacang Almond

Makanan yang satu ini merupakan salah satu makanan yang terkenal kaya akan protein serta serat sehingga berguna untuk menyeimbangkan hormon dalam tubuh, oleh sebab itu makanan ini sangat cocok bagi wanita yang mengalami haid tidak teratur.

  1. Telur

Telur merupakan makanan yang mudah ditemui dimana saja. Makanan ini kaya akan vitamin, kalsium dan protein. Kandungan protein yang terdapat didalamnya sangat membantu untuk mengatasi masalah haid yang tidak lancar seperti dilangsir Buletin Sehat.

  1. Sayuran Hijau

Sayuran merupakan salah satu makanan pelancar haid. Pada sayuran terdapat kandungan vitamin B, zat besi serta serat yang dapat memperlancar siklus haid. Bagi wanita yang mengalami siklus haid tidak teratur, disarankan untuk memakan sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan asparagus.

  1. Biji Wijen

Makanan ini merupakan salah satu makanan yang disarankan untuk dikonsumsi bagi wanita yang mengalami haid tidak teratur. Namun perlu Anda ingat, jika mengkonsumsi biji wijen secara berlebihan justru akan mengganggu kesehatan Anda, sebab kandungan yang terdapat didalamnya dapat meningkatkan panas pada tubuh.

Selain makanan untuk pelancar haid, artikel ini juga akan membahas mengenai jenis-jenis minuman yang dapat bermanfaat untuk mempelancar haid.

Minuman Pelancar Haid

  1. Asam Jawa

Asam jawa merupakan minuman yang dapat dibuat oleh kita, serta mudah untuk kita temui dimana saja. Asam jawa berfungsi untuk mengencerkan darah haid yang telah menggumpal dan sangat baik untuk dikonsumsi untuk mengurangi rasa sakit ketika mengalami haid.

  1. Yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu dari olahan susu yang kaya akan kalsium dan protein. Untuk itu yoghurt sangat bagus untuk dikonsumsi bagi wanita untuk memperlancar haid.

  1. Air Kunyit

Kunyit merupakan salah satu obat tradisional dan dapat dijadikan ramuan tradisional untuk mengobati haid yang tidak teratur. Nenek moyang kita sudah sejak dahulu menggunakan kunyit untuk mengatasi segala jenis masalah pada wanita salah satunya haid yang tidak teratur. Waktu yang sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi air kunyit ini adalah sebelum datangnya masa haid.

  1. Minyak Ikan

Minyak ikan mengandung omega-3 yang sangat baik untuk tubuh serta berfungsi melindungi pembuluh darah yang terdapat di ovarium dari kerusakan yang dapat menyebabkan terganggunya siklus haid, sehingga minyak ikan ini sangat bagus untuk dikonsumsi oleh wanita yang mengalami gangguan haid tidak teratur.

  1. Cuka Apel

Cuka Apel merupakan salah satu jenis minuman yang dapat Anda temukan di Apotek sekitar lingkungan rumah Anda. Minuman ini merupakan salah satu minuman yang digunakan untuk memperlancar haid. Selain bagus untuk memperlancar haid, minuman ini juga bagus untuk penderita mag karena aman digunakan.

  1. Pepaya

Buah ini dikenal sebagai buah yang kaya akan vitamin c sehingga bagus dikonsumsi bagi wanita yang mengalami gangguan haid.