fakta kutil kelamin

Kutil kelamin adalah penyakit menular seksual. Ditandai dengan munculnya benjolan daging kutil pada alat kelamin dan juga di anus. Pria dan wanita bisa mengalami kutil kelamin ini. Penyebab kutil kelamin adalah virus human papilloma virus (HPV), dan bisa menyebar lewat kontak kulit saat hubungan seksual dengan seseorang yang mengalami kutil kelamin ini.

Penyakit menular seksual ini merupakan penyakit yang paling umum terjadi, namun banyak penderita tidak menyadari bahwa dirinya terkena virus karena tidak ada gejala yang dirasakannya. Untuk itu, ketahui beberapa fakta terkait kutil kelamin berikut ini.

Virus Yang Sama Dengan Kanker Serviks

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, kutil kelamin disebabkan oleh virus bernama human papilloma virus (HPV). Virus ini adalah sama dengan virus penyebab kanker serviks yang sangat berbahaya. Namun jenis virus HPV keduanya berbeda, dimana virus penyebab kanker serviks merupakan virus HPV tipe 16 dan 18, sedangkan penyebab kutil kelamin merupakan virus HPV tipe 6 dan 11. Virus ini bisa menular melalui hubungan seksual dan juga alasan lainnya.

Bisa Muncul Di Vagina Bagian Dalam

Banyak orang yang mengira bahwa kutil kelamin hanya bisa timbul pada bagian luar kelamin. Padahal sebenarnya kutil kelamin ini juga bisa timbul pada leher rahim atau serviks wanita. Kutil kelamin yang muncul tersebut bisa membuat penderitanya merasakan nyeri, gatal, dan juga sensasi seperti terbakar. Pada pria, di banyak kasus kutil kelamin hanya akan timbul di penis dan sekitarnya.

Ada Kemungkinan Untuk Kambuh

Walaupun sudah dilakukan pengobatan, jika Anda kurang menjaga kebersihan kelamin, maka ada kemungkinan kutil kelamin akan kambuh kembali. Selain itu ada hal lain yang bisa membuat kutil kelamin kambuh kembali, yaitu melakukan hubungan seksual yang tidak sehat, ataupun berganti-ganti pasangan mirip gejala herpes. Bukan hanya kutil kelamin yang bisa muncul kembali, namun juga penyakit lainnya bisa saja muncul jika Anda tidak menjaga kebersihan kelamin ataupun melakukan aktivitas seksual yang berisiko.

Sering Disangka Wasir

Kutil kelamin juga bisa muncul di area dekat anus, bukan hanya di kelamin. Hal inilah yang banyak membuat orang menduga bahwa kutil kelamin yang dialaminya merupakan penyakit wasir. Kutil kelamin yang terjadi di anus akan membuat adanya perasaan seperti mengganjal, bentuknya mirip dengan kembang kol, namun tidak akan menimbulkan pendarahan. Tetapi, kutil ini bisa saja menutupi lubang anus, bahkan juga bisa terjadi infeksi. Hal inilah yang membuat diperlukan penanganan yang segera untuk mengatasi kutil kelamin di bagian anus.

Itulah beberapa fakta mengenai kutil kelamin yang harus Anda ketahui. Gejala kutil kelamin umumnya akan muncul sekitar beberapa minggu ataupun beberapa bulan setelah terinfeksi, setelah itu akan muncul kutil kecil bahkan tidak terlihat sama sekali. Kondisi ini biasanya tidak akan menimbulkan rasa sakit, namun bisa membuat penderitanya mengalami gatal dan juga iritasi, bahkan penderita juga bisa mengalami hubungan seksual yang menyakitkan, terjadi pendarahan dan juga keputihan.

Gejala-gejala tersebut umumnya berbeda pada setiap orang. Sehingga diperlukan diagnosis yang tepat dari dokter terkait apakah benar yang Anda alami adalah penyakit kutil kelamin. Kutil kelamin juga bisa tumbuh berkelompok, dan menyebar ke daerah lainnya.

Segera konsultasikan ke dokter jika Anda mengalami gejala-gejala yang mungkin menunjukkan bahwa Anda mengalami kutil kelamin. Dengan segera berkonsultasi dengan dokter, penanganan juga bisa dilakukan dengan segera, untuk meminimalisir rasa tidak nyaman yang Anda alami.