sakit gigiSering mengalami sakit gigi? Sakit gigi merupakan kondisi munculnya nyeri di dalam ataupun sekitar gigi dan juga rahang. Rasa nyeri ini kadang terjadi terus menerus sehingga mengganggu keseharian penderitanya. Bisa juga rasa nyerinya muncul ketika makan atau minum, dan membuat makan dan minum menjadi tidak nikmat. Sakit gigi ini disebabkan oleh pulpa yang meradang. Pulpa merupakan lapisan dalam gigi yang terdiri dari pembuluh darah dan juga saraf sensitif.

Peradangan pada pulpa ini bisa disebabkan oleh pembusukan gigi, nanah yang menumpuk di dasar gigi karena infeksi bakteri, penyusutan gusi, gigi retak, dan juga ada tambalan gigi yang rusak. Selain itu, sakit gigi juga bisa disebabkan hal lain selain peradangan pulpa, seperti sinusitis, abses periodontal, sendiri temporomandibular (sendi penghubungan rahang dan tengkorak kepala) yang cedera, gusi bengkak, tukak gusi dan juga tumbuhnya gigi.

Gejala lain yang bisa datang bersamaan dengan sakit gigi yaitu bengkak pada area sekitar gigi yang terinfeksi, pusing, bau busuk dari gigi yang terinfeksi dan juga demam. Untuk meredakan sakit gigi, Anda bisa mencoba beberapa cara mengobati sakit gigi berikut ini.

Minum Obat

Untuk mengurangi dan mengatasi rasa nyeri karena sakit gigi, Anda bisa mengonsumsi obat sakit gigi yang berasal dari golongan Analgetik Nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAID), yaitu aspirin dan ibuprofen. Obat ini bisa Anda beli bebas tanpa menggunakan resep dokter.

Nyeri sakit gigi yang termasuk kategori berat, dan tidak bisa menggunakan obat yang sebelumnya disebutkan, maka Analgetik lain yang lebih kuat bisa Anda pilih, seperti misalnya naproxen sodium, metampiron, asam mefenamat, Natrium Diklofenak (Cataflam), dan lain-lain. Namun obat-obatan ini memerlukan resep dokter untuk membelinya. Gunakan obat-obatan tersebut sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Bagi ibu hamil yang mengalami sakit gigi, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter mengenai obat apa yang bisa Anda konsumsi.

Kompres Dingin

Selain mengonsumsi obat sakit gigi, Anda juga bisa mengurangi rasa nyeri karena sakit gigi dengan mengompres daerah pipi yang dekat dengan gigi yang sakit. Kompres pipi menggunakan air dingin atau es batu yang dilapisi kain. Suhu dingin tersebut bisa meringankan rasa nyeri tanpa menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Namun jangan menempelkan langsung es batu ke gigi, karena malah akan membuat gigi semakin terasa sakit. Hal ini disebabkan oleh pulpa yang meradang akan sensitif terhadap suhu dingin ataupun panas.

Obat Oles (Topikal)

Obat sakit gigi juga ada yang bisa digunakan dengan cara dioles. Obat ini biasanya berbentuk gel atau cairan, dan kemudian dioleskan langsung di bagian gigi yang terasa sakit. Obat ini memiliki kandungan benzokain yang bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri dengan mematikan saraf sementara seperti bius lokal. Hal ini bisa membantu meringankan rasa nyeri atau ngilu pada gigi selama beberapa jam. Obat ini bisa dibeli bebas tanpa menggunakan resep dokter, namun tetap perlu diperhatikan anjuran pemakaian.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sakit gigi. Namun untuk lebih tepatnya, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter gigi untuk mendapatkan diagnosa dan pengobatan yang tepat.

Setelah itu, Anda juga bisa melakukan pencegahan agar sakit gigi tidak kembali datang dengan memeriksakan gigi Anda dua kali dalam setahun. Selain itu hindari konsumsi makanan dan minuman manis terlalu berlebihan. Anda juga harus rajin untuk menyikat gigi, yaitu dua kali sehari dan juga kurangi ataupun jauhi kebiasaan merokok.